pulse

Rabu, 03 Juni 2009

Bagian – Bagian Utama PLTA Ketenger

Waduk & Bendungan (Kolam Tando)
Waduk berfungsi sebagai penampung air dari sungai Banjaran dan Surobadak, luas tangkapan hujan 30 km, debit rata-rata tiap tahun yang masuk kekolam Tando adalah 2,1 m3/detik.

Kolam Tando PLTA Ketenger

Bagian ini merupakan komponen utama dari suatu pusat pembangkit hidro yang mana berfungsi sebagai penyimpan air untuk menggerakan turbin air. Bendungan ini berguna juga sebagai kesinambungan kerja, pengendali air serta untuk mendapatkan adanya tinggi jatuh air.
Bendungan ini digolongkan atas beberapa jenis menurut struktur, bahan-bahan kontruksinya, tujuan penggunaannya, prinsip perencanaannya, tinggi maupun untuk katagori lain. Menurut tujuan penggunaannya, dibedakan atas bendungan penyimpan, bendungan pengaturan. Sedangkan menurut bahan kontruksinya dan prinsip perencanaannya dibedakan atas bendungan urungan yang terdiri dari urungan batu, urungan tanah, bendungan beton, bendungan kerangka baja dan bendungan kayu.
Bendungan PLTA Ketenger memiliki ukuran:
a. Luas dasar kolam : 1,768 m2
b. Luas permukaan kolam : 3,536 m2
c. Elevasi air tertinggi : 658 m
d. Elevasi air terendah : 650 m
e. Volume efektif : 20.000 m3

Tangki Surja (Surge Tank)
Pada sutu instalasi pembangkit listrik tenaga air haruslah memperhitungkan kemungkinan bahaya yang timbul pada saluran pipa pada instalasi tersebut misalnya terjadinya water hammer akibat penutupan katup secara cepat.
Tangki Surja PLTA Ketenger

Water hammer ini dapat menimbulkan peningkatan tekanan pada saluran pipa sehingga dapat menyebabkan pecahnya pipa apabila tekanan yang terjadi melebihi kekuatan maksimum dari pipa tersebut terutama untuk saluran yang relatif panjang dibagi dengan tinggi terjun yang ada. Untuk itulah perlu dipasang Surge tank Fungsinya terutama untuk: mengurangi water hammer akibat perubahan beban, menampung air saat beban mendadak turun, mensuplai air pada saat pembebanan mendadak dan lain-lain.

Rumah Pembangkit (Power House)

Rumah Pembangkit PLTA Ketenger

Bangunan sentral atau rumah pembangkit yang didalamnya terdapat fasilitas-fasilitas atau bagian-bagian PLTA seperti turbin air, generator, ruang kontrol, ruang tegangan tinggi, ruang bengkel dan sebagainya. Rumah pembangkit sangat penting sekali karena semua kegiatan pembangkit terpusat disini. Rumah pembangkit PLTA Ketenger 2 lantai (dua lantai diatas tanah dan dua lantai dibawah tanah).

Pipa Pesat (Penstock)
Pipa pesat adalah saluran yang digunakan untuk mengalirkan air dari kolam tandu ke Rumah Pembangkit. Pipa pesat (penstock) berfungsi:
  1. Untuk mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin.
  2. Untuk mendapatkan tekanan hidrolistika yang sebesar-besarnya.
Pipa Pesat PLTA Ketenger

Secara mekanis penstock berfungsi sebagai sarana pengubah tenaga kinetis dari hidrostatik pada reservoir (penampung) menjadi tenaga pontesial. Tenaga air tersebut menjadi tenaga mekanik pada turbin. Turbin akan menggerakan generator sehingga menimbulkan listrik. Pipa pesat ini memiliki ukuran 1,40 m untuk beton bertulang, dengan diameter 0,85 m dan panjangnya 778,00 m. Sedangkan untuk pipa baja memiliki ukuran diameter 0,85 dan panjangnya 1910,00 m.

Comments :

0 komentar to “Bagian – Bagian Utama PLTA Ketenger”


Posting Komentar